nama kelompok :
_ MD. Fiorentina Yana Putri
_Yeni Dina Puspasari
_Km. Asri Wulan Cahya Nata
_Pt. Srii Juliantari
_Igst. Ayu Trisnayanti
_Laras Fujiyanti Batchiar
_Mustika Sandi Buana
_Angga Kusuma Bukian
_Dewi Eka Rini
_Pt. Ayu Deastika
_AAIA Durupadi
_Ni Luh Pt Sintiasih

Senin, 30 Januari 2012

cara berhenti merokok


Cara Berhenti Merokok adalah tips yang banyak dicari oleh para perokok yang ingin “tobat”. Namun, karena kerjanya banyak duduk jadinya susah banget, karena salah satu alasan yang paling umum digunakan para perokok adalah untuk membunuh waktu.
Untuk itulah saya menulis artikel ini, berharap nanti bisa saya coba terapkan secara berangsur-angsur sampai akhirnya berhasil berhenti merokok secara total. Tujuan lain adalah supaya para pembaca tulisan ini juga mau menyumbangkan tips-tipsnya untuk cara berhenti merokok atau dengan kata lain mari kita bertukar pendapat/pengalaman.
Sebelumnya, akan saya kupas sedikit apa saja kerugian/efek negatif apabila kita merokok :
1. uang yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan lain misal bayar sekolah anak jadi terpakai untuk membeli rokok yang kemudian dibakar sia-sia.
2. Risiko terkena penyakit paru-paru
3. mengurangi penampilan, yaitu bibir berubah menjadi hitam
4. membuat gigi berwarna kuning kecoklatan
5. membuat susah tidur di malam hari bila sebelumnya merokok, apalagi kalau ditemani kopi. Hasilnya, produksi hormon testosteron pun menurun sehingga ereksi gak bisa keras dan istri pun tidak puas.
6. Merokok bisa menyebabkan impoten
7. gangguan kehamilan dan janin bagi ibu hamil
8. kemandulan
9. Resiko tinggi terhadap kanker rongga mulut
10. Karies gigi
11. Tulang rahang keropos
12. Penyembuhan luka lamban
13. Mengubah kepekaan indera perasa dan penciuman
14. hutang menumpuk akibat gak punya uang buat beli rokok akhirnya ngutang ke warung
Dan tentunya kalau mau browsing mengenai bahaya merokok akan didapatkan lebih banyak lagi efek buruk akibat merokok ini. Oleh karena itu langkah pertama untuk cara berhenti merokok adalah dengan browsing dan mencari tahu sebanyak mungkin akan bahaya merokok tersebut. Sehingga akhirnya timbul semangat menggelora untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.
Tips lain yang perlu dicoba diantaranya :
1. cobalah mengganti kebiasaan merokok dengan mengunyah permen
2. usahakan kalau merokok ditemani minuman, entah teh atau kopi. Karena biasanya kalau sudah menjadi kebiasaan akan kurang enak merokok tanpa minuman. Setidaknya bisa mengurangi intensitas merokok.
3. jangan membawa korek api ke mana-mana. Karena tanpa korek api di saku, niat merokok akan batal kecuali meminjam kepada orang lain yang bawa korek
4. Seringlah bergaul dengan orang yang tidak merokok, karena biasanya anda akan merasa malu sering-sering merokok di sekitar mereka.
5. Beraktifitaslah secara aktif, karena di saat tidak ada yang dikerjakan biasanya orang akan mulai merokok untuk menghabiskan waktu luang.
6. Coba anda cari entah itu tahi ayam atau burung, terus oleskan di pucuk rokok kemudian nyalakan. Jika nanti mau merokok coba ingat-ingat tentang rokok yang diolesi tahi ayam tadi. Diharapkan akan timbul rasa jijik kemudian trauma kalau bertemu dengan rokok hehe.
7. Ingatlah anak-anak anda yang belum bisa bayar spp sekolah gara-gara uangnya anda habiskan untuk beli rokok.
8. sebisa mungkin hindari nongkrong berlama-lama dengan para perokok
9. carilah istri yang anti sama rokok dan cerewet
10. Belilah rokok yang murah atau yang rasanya tidak enak. Karena selain rasanya tidak enak, bikin batuk-batuk juga malu-maluin kalau dipetentengkan di depan umum.
11. Canangkan program merokok maksimal cuma 1 batang sehari. Diharapkan lama-lama bisa berhenti total.
12. konsumsi pisang setiap hari. Karena kecanduan rokok biasanya karena efek nikotin. Nah, kandungan vitamin B6 dan B12 di dalam pisang membantu untuk menetralisir pengaruh nikotin.
13. Menurut Dr. Johannes Soedjono, M.Kes., SpAnd, spesialis andrologi dari Unit Kesehatan Reproduksi/Andrologi RS AL Dr Ramelan, Surabaya, disela-sela acara National Symposium and Workshop on Seksology 2011 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Jumat (28/10/2011), seperti saya kutip dari Detikhealth, 22% perokok pasti mengalami disfungsi ereksi. “Mungkin sekarang belum (disfungsi ereksi) tapi nanti pasti terasa. Sekitar 22 persen perokok pasti akan mengalami disfungsi ereksi. Jadi kalau ada 100.000 orang ya 22.000 akan mengalami gangguan ereksi nanti setelah 1 tahun,” Jadi, tips paling efektif dan ampuh untuk berhenti merokok adalah timbulkan rasa takut bahwa setahun lagi anda akan impoten kalau tidak segera berhenti merokok. Pilih mana, rokok atau memuaskan pasangan?
Tersebut di atas adalah beberapa tips cara berhenti merokok dari saya yang bisa anda coba terapkan. Saya sendiri juga berusaha keras untuk berhenti merokok dengan merencanakan program merokok 1 batang sehari. Semoga lama-lama bisa berhenti secara total.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar